LETAK DAN LUAS

Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo secara geografis terletak antara 7o34’21,93” 7o35’38,90” LS dan 110o59’40,39”-111o0’49,36” BT dan secara administratif terletak dalam dua Kelurahan yaitu Kelurahan Delingan dan Gedong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sedangkan secara administratif kehutanan termasuk dalam wilayah BKPH Lawu Utara, KPH Surakarta, Perum Perhutani Jawa Tengah. Luas wilayah hutan 126,291 ha. Batas-batas administratif KHDTK Gunung Bromo adalah:

Utara      : Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang
Timur     : Kelurahan Delingan, Kecamatan Karanganyar
Selatan   : Kelurahan Delingan dan Kelurahan Gedong, Kecamatan Karanganyar
Barat      : Kelurahan Gedong, Kecamatan Karanganyar

 

KONDISI FISIK

HIDROLOGI

KHDTK Gunung Bromo memiliki sungai yang merupakan Sub-sub DAS Kalijirak, Sub-DAS Grompol, DAS Bengawan Solo. Sebagian area KHDTK Gunung Bromo masuk dalam Daerah Tangkapan Air (DTA) yang menuju Waduk Tirtomarto yang dikenal dengan sebutan waduk Delingan yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk irigasi pertanian. Sedangkan sebagian lagi masuk ke sungai yang melintas di dalam KHDTK Gunung Bromo dan menuju ke sungai Kalijirak.

IKLIM

Kondisi iklim KHDTK Gunung Bromo berdasarkan klasifikasi iklim Schmidt dan Ferguson termasuk tipe C (Agak Basah), dengan nilai Q = 33,33% – 60%.

 

 

Gambar Peta Rencana Peruntukan KHDTK Gunung Bromo UNS