Operasi Karhutla Gunung Lawu: UPT PPK jadi Tim Pemetaan dan Tim SRU

Sabtu (30/09/2023) pada malam hari UPT PPK menerima informasi bahwa kebakaran meluas di Gunung Lawu, membutuhkan relawan untuk pencegahan kebakaran meluas dan pemantauan titik api untuk pengendaliannya. UPT PPK dan Penyuluh Kehutanan CDK Wil.X berkoordinasi menerjunkan MPA Singo Serang, Keamanan dan Staf UPT PPK untuk ikut dalam Operasi Karhutla Gunung Lawu pada hari minggu (01/10/2023). Operasi Karhutla Gunung Lawu UPT PPK terbagi menjadi 2 tim, yaitu tim Search and Resque Unit (SRU) bersama MPA Singo Serang dan tim Pemetaan bekerjasama dengan CDK Wil. X Surakarta.
Kepala UPT PPK UNS menuju Pos Candi Cetho untuk berkoordinasi dengan Posko Induk Cetho yang dibentuk secara mandiri untuk mendata apa yang dapat dibantu UPT PPK UNS (2/10/2023). Hasil evaluasi (3/10/2023), dibutuhkan pemetaan untuk menentukan koordinat pergerakan api yang digunakan sebagai pertimbangan water booming. Pada Rabu (3/10/2023) sampai hari ini tim UPT PPK UNS membantu pemetaan titik-titik pergerakan api tersebut. Kepala UPT PPK UNS menyatakan perlunya koordinasi antar instansi merupakan kunci utama dalam operasi karhutla sebagaimana yang telah disampaikan dalam wawancara “Selaku pengelola kawasan hutan, kami merasakan apa yang terjadi pada Karhutla di Gunung Lawu, sehingga kami berupaya membantu sebisa kami dengan harapan bencana karhutla segera tertangani. Namun keseriusan dan koordinasi antar instansi menjadi kunci utama dalam operasi tersebut” Dwi Priyo Ariyanto, S.P., M.Sc. Ph.D (Kepala UPT PPK UNS).
UPT PPK UNS akan membantu pemetaan perkembangan titik api berdasarkan informasi dari SRU di lapang hingga saat ini. Hasil pemetaan tersebut sebagai evaluasi dan perencanaan tindak lanjut operasi penanganan karhutla. Jumat sore (6/10/2023) telah dilakukan pemadaman water bombing berdasarkan titik koordinat yang dianalisis oleh tim pemetaan UPT PPK UNS bersama CDK Wilayah X Surakarta dan Posko Induk Candi Cetho. UPT PPK UNS akan terus ikut andil dalam penanganan karhutla di Gunung Lawu dengan harapan api dapat segera padam dan tidak meluas.

OPERASI KARHUTLA GUNUNG LAWU: UPT PPK JADI TIM PEMETAAN DAN TIM SRU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *