Kunjungan Kongju National University (KNU), Korea dan Penanaman Pohon Langka di KHDTK Gunung Bromo UNS

Jumat, 13 Januari 2023 Kepala UPT Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan UNS (UPT PPK UNS) sekalu pengelola KHDTK Gunung Bromo UNS menerima kunjungan dari Kongju National University (KNU), Korea. Delegasi KNU berjumlah tiga orang, yaitu Prof. Youngjin Lee, Prof. Hack-Youn Kim, dan Prof. Gi-Hyung Ryu. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dekan Sekolah Vokasi beserta Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan Sekolah Vokasi, Perwakilan Balai Penerapan Standardisasi Instrumen LHK (BPSILHK) Surakarta, Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi Fakultas Pertanian, Kepala Program Studi S-1 Pengelolaan Hutan, Koordinator Humas dan Kerjasama UPT PPK, Koordinator Bidang Inovasi dan Pengembangan Usaha UPT PPK, Penyuluh Kehutanan Karanganyar dan Mojogedang, serta komunitas dibawah bimbingan UPT PPK UNS (Kelompok Tani Hutan (KTH) Bromo Lestari, Putri Serang dan Wonosewu serta Masyarakat Peduli Api (MPA) Singo Serang).

Kegiatan diawali dengan pemaparan mengenai KHDTK Gunung Bromo UNS oleh Kepala UPT PPK UNS (Dwi Priyo Ariyanto, S.P., M.Sc., Ph.D) dan dilanjutkan diskusi. Dalam kesempatan tersebut, Tim KNU Korea juga diperkenalkan dengan hidangan lokal hasil hutan (singkong) dan buah durian lokal sekitar kawasan hutan. Selanjutnya dilakukan penanaman pohon langka ordo Malvales spesies Hopea ordorata dan Hopea bilitonensis pada Demplot Arboretum yang diikuti tamu undangan. Kegiatan diakhiri berkeliling di area KHDTK Gunung Bromo UNS dan mengenalkan vegetasi dan fasilitas yang ada.

Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan bahwa UNS memiliki hak kelola hutan dengan tujuan khusus pendidikan dan pelatihan, serta sebagai inisiasi kerjasama antara UNS dan KNU. Hal ini menjadi salah satu visi dan misi UPT PPK UNS dalam mengembangkan kawasan hutan tidak hanya nasional namun bisa secara internasional seperti yang tercantum dalam Dokumen Rencana Pengelolaan Jangka Panjang KHDTK Gunung Bromo UNS telah disahkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 20 Desember 2022. Tim KNU Korea juga sangat mengapresiasi dan terkesan dengan kunjungan tersebut. Bahkan disepakati akan ada tindak lanjut kerjasama dalam penelitian atau percobaan penanaman ginseng di KHDTK Gunung Bromo UNS serta topik-topik lainnya.

Langkah selanjutnya KHDTK Gunung Bromo UNS akan terus memperluas jaringan kerjasama untuk mengembangkan kawasan hutan secara internasional dengan pihak lainnya. Sangat diyakini bahwa dalam rangka mewujudkan visi misi tersebut berkesinambungan melalui Embanan Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat perlu dukungan tindakan nyata, jejaring dan komitmen yang kuat, loyalitas, integritas dan kerjasama unsur Pentahelix yaitu Pemerintah, Masyarakat, Pebisnis, Akademisi dan Masyarakat.

Kunjungan Kongju National University (KNU), Korea dan Penanaman Pohon Langka di KHDTK Gunung Bromo UNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *