Senin (14/3/22), Kepala UPT Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan UNS dan staf serta Penyuluh Cabang Dinas Kehutanan Wil.X Surakarta mengadakan kunjungan ke Tahura KGPAA Mangkunagoro I. Kunjungan tersebut membahas beberapa hal untuk pengembangan KHDTK Gunung Bromo.

     Diskusi yang dilaksanakan di Aula Tahura tersebut membahas 2 hal utama. Topik pertama, UPT PPK UNS mengajukan kerjasama kepada Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Tahura KGPAA Mangkunagoro I untuk menjadikan ekosistem hutan KHDTK Gunung Bromo sesuai dengan ketentuan pengendalian ekosistem yang berlaku. Mengingat terdapat beberapa satwa langka dan dilindungi seperti Elang Brontok dan Kupu-Kupu Raja di KHDTK Gunung Bromo, maka UPT PPK UNS meminta saran rencana dan strategi  pengendalian ekosistem agar ekosistem di KHDTK Gunung Bromo lebih menunjang kehidupan satwa tersebut.

     Topik kedua terkait silvopastura, UPT PPK UNS meminta kerjasama kepada pihak Tahura KGPAA Mangkunagoro I agar dapat menyediakan induk (F0) rusa timor (Cervus timorensis) untuk keberlangsungan penangkaran rusa di KHDTK Gunung Bromo. Silvopastura merupakan konsep agroforestri yang menggabungkan aktivitas kehutanan dan peternakan dalam satu sistem pengelolaan lahan. Hal ini sesuai dengan visi dan misi UPT PPK UNS selaku pengelola KHDTK Gunung Bromo sebagai hutan pendidikan.

Kunjungan Kerjasama ke Tahura KGPAA Mangkunagoro I untuk Pengelolaan Ekosistem dan Silvopastura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *