Selasa (14/12/21), UPT Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan Universitas Sebelas Maret Surakarta melaksanakan kegiatan penanaman Pohon di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo Karanganyar. Kegiatan penanaman tersebut turut meramaikan acara yang diselenggarakan oleh Pemkab Karanganyar yaitu Gerakan Karanganyar Ijo Royo-Royo, sesuai dengan arahan Bupati Karanganyar. Penanaman pohon tersebut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar, Wakil Rektor UNS Bidang Riset dan Inovasi, Wakil Rektor UNS Bidang Umum dan SDM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Karanganyar, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata Karanganyar, Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah X Surakarta, Kepala dan Sekretaris LPPM UNS,  Kepala Program Studi Ilmu Lingkungan UNS, Kapolsek Karanganyar, Danramil Karanganyar, Lurah Gedong dan Delingan, Kepala Desa Sewurejo, Masyarakat Peduli Api Singo Serang Bromo, Gapoktanhut Alas Bromo, dan beberapa perwakilan Mapala UNS. Kegiatan yang dihadiri oleh ±70 peserta tersebut dilaksanakan di Panggung KHDTK Gunung Bromo dan lokasi penanaman berada di lahan pesanggem (petani hutan).

Jenis bibit pohon yang ditanam secara simbilis oleh tamu undangan adalah 4 jenis bibit kopi, yaitu :

  1. Kopi Arabika : 10 tanaman
  2. Kopi Robusta : 10 tanaman
  3. Kopi Ekselsa : 10 tanaman
  4. dan Kopi Liberika : 100 tanaman

Penanaman bibit kopi yang dilaksanakan pukul 13.00 WIB  tersebut sekaligus sebagai uji coba PLBT (Pemanfaatan Lahan di Bawah Tegakan). Total bibit kopi yang ditanam adalah 130 buah. Tujuan dari uji coba PLBT tersebut adalah untuk mengetahui kecocokan dan kemungkinan subtitusi tanaman milik pesanggem jika tanaman pokok telah tumbuh besar. Sesuai dengan sambutan Bupati Karanganyar, Drs. Juliyatmono “KHDTK Gunung Bromo sebagai hutan pendidikan harus dimanfaatkan sebaik mungkin dalam hal penelitian, wisata alam, dan kesejahteraan masyarakat sekitar”.

      Sebelum acara seremonial tersebut, UPT PPK UNS selaku pengelola KHDTK Gunung Bromo bersama dengan Kelompok Tani Hutan telah melaksanakan kegiatan penanaman sejak tanggal  28 November 2021 yang bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia. Jumlah dan jenis tanaman yang telah didistribusikan adalah sebagai berikut :

  1. Tabebuya Kuning     : ±100 tanaman
  2. Rumput Akar Wangi : ±300 tanaman
  3. Jambu Monyet          : ±50 tanaman
  4. Trembesi                  : ±50 tanaman
  5. Eucalyptus               : ±50 tanaman

Total sekitar 700 bibit tanaman tersebut berasal dari PP BDAS HL Jumantono dan swadaya.

     Pemkab Karanganyar mengapresiasi langkah kongkrit yang telah dilaksanakan UPT PPK UNS sebagai pengelola KHDTK Gunung Bromo karena selain berpartisipasi dalam kegiatan Gerakan Karanganyar Ijo Royo-Royo, juga melaksanakan reboisasi secara masif dan nyata. “Saya berharap penanaman pohon dapat selalu dilaksanakan, tidak selalu menebang pohon. Menebang pohon (hanya) 5 menit sudah rubuh, namun memerlukan waktu satu generasi untuk dapat menumbuhkan pohon hingga sebesar pohon mahoni di KHDTK ini”, turur Drs. Juliyatmono dalam sambutannya. Wakil Rektor UNS Bidang Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Kuncoro juga menambahkan “UNS sebagai pengelola hutan KHDTK yang berada di Karanganyar ini akan selalu mendukung kegiatan yang berkaitan dengan menjaga ekosistem dan kelestarian alam, salah satunya adalah penanaman pohon”. Beliau juga turut meminta Pemkab Karanganyar khususnya Bupati Karanganyar untuk turut memberikan saran dan arahan agar KHDTK Gunung Bromo dapat lebih berkembang.

Press Release Penanaman Pohon Dalam Rangka Gerakan Karanganyar Ijo Royo-Royo di KHDTK Gunung Bromo UNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *