Pertemuan KTH Wana Sewu dilaksanakan di rumah salah satu anggota KTH pada tanggal 5 Desember 2021 pukul 15.30-17.00 WIB dengan dihadiri oleh 17 orang. Pertemuan tersebut membahasa beberapa topik meliputi arisan kelompok, pembayaran kas, perbaikan saluran air, pemberian bibit untuk kelompok tani, pembahasan jalur trail maupun offroad, dan internal kelompok (keorganisasian).

                Pembahasan utama dalam pertemua tersebut adalah terkait pemberian bibit. Beberapa bibit tanaman sudah diletakkan di lahan yang perlu dilakukan penanaman (reboisasi). Pihak UPT PPK UNS dan CDK Wilayah X Surakarta meminta bantuan kepada anggota KTH Wana Sewu untuk menanam. Bibit tanaman yang diberikan adalah Tabebuya yang ditanam di pinggir jalan utama KHDTK Gunung Bromo, Vetiver (Akar Wangi) yang ditanam di lahan miring dekat sungai untuk mencegah terjadinya erosi. Selanjutnya, BPDAS akan memberikan bantuan bibit tanaman buah-buahan dan tanaman lain. Tambahan pemberian bantuan bibit tersebut akan dilaksanakan minggu depan saat adanya kegiatan kunjungan oleh pihak terkait. Sehubungan dengan penanaman yang mengarah kepada pencegahan erosi, setiap anggota KTH Wana Sewu diharapkan dapat memperbaiki saluran air di sekitar area lahan yang digarap karena aliran air yang mengandung tanah mengalir menuju jalan utama.

        Pembahasan berikutnya dalam pertemuan tersebut adalah diskusi internal KTH Wana Sewu. Pertemuan rutin yang dilaksanakan tersebut nantinya akan mengalami perubahan jadwal yang semula setiap tanggal 5, jika jatuh pada hari sabtu/minggu/hari libur diganti menjadi hari senin. Selain itu, kepengurusan KTH Wana Sewu menambah 1 orang pengurus pada bagian Bendahara, sehingga menjadi 2 orang Bendahara. Pihak UPT PPK UNS selaku pengelola KHDTK Gunung Bromo meminta kepada KTH Wana Sewu untuk meningkatkan kerjasama dan kekompakan antar anggota agar KTH memperoleh dana bantuan dan kegiatan oleh pemerintah.

Press Release Pertemuan Kelompok Tani Hutan Wana Sewu 5 Desember 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *