Rabu (30/06/21), UPT Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan Universitas Sebelas Maret (UPT PPK UNS) melaksanakan agenda Sosialisasi dan Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA). Acara dilaksanakan pukul 13.00 WIB di Pendopo KHDTK Gunung Bromo UNS. Sosialisasi dan Pembentukan MPA dihadiri oleh 25 orang masyarakat sekitar KHDTK Gunung Bromo UNS, dengan pembicara dari CDK wilayah X, Bapak Ariyanto Agung N, S.Hut., M.Sc. dan Kepala UPT PPK UNS, Dwi Priyo Ariyanto, S.P., M.Sc., Ph.D. serta dipandu oleh Penyuluh Kehutanan Lapangan Kecamatan Karanganyar (Mardhika SS, S.Hut., M.Lingk.) dan Kecamatan Mojogedang (Rusnaryanto, S.Hut.). Agenda Sosialisasi dan Pembentukan MPA dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Sosialisasi dan Pembentukan MPA dilaksanakan untuk mengedukasi masyarakat terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla), cara menanggulangi jika terjadi karhutla, dan tindakan antisipasi agar tidak terjadi karhutla. Luaran dari kegiatan tersebut adalah terbentuknya organisasi Masyarakat Peduli Api atau MPA di KHDTK Gunung Bromo dengan nama MPA Singo Serang yang terdiri dari 3 regu. Selanjutnya, terbentuk struktur organisasi kepengurusan MPA sebagai berikut :

Ketua               : Wandoyok

Wakil Ketua     : Ngatimin

Sekretaris        : Suroto

Bendahara      : Suwardi, Dwi Saryanto

Kepala Regu    : Supriyadi, Paino, dan Pariyo

Sebagian besar pengurus dan anggota MPA diikuti oleh Gabungan Kelompok Tani Hutan (Gapoktanhut) Alas Bromo. Sekretariat MPA Singo Serang disepakati beralamat di KHDTK Gunung Bromo, Jl. Derpoyudo KM 7, Gedong, Karanganyar. Terbentuknya organisasi MPA, lokasi sekretariat, dan struktur kepengurusan yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris MPA Singo Serang, serta diketahui oleh Kepala UPT Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan UNS.

Sosialisasi Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) KHDTK Gunung Bromo UNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *