UPT Diklathut KHDTK Gunung Bromo dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Sebelas Maret yang ditandatangani oleh Rektor UNS tertanggal 23 November 2018 tentang Pendirian Unit Pelaksana Teknis Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan UNS. Untuk dapat melaksanakan tugas, UPT Diklathut UNS difasilitasi sebuah kantor yang berada di Kabupaten Karanganyar, 19 Km dari Kampus Pusat UNS. Jika diperhatikan secara seksama, bentuk kantor yang berada di Jalan Raya Karanganyar-Mojogedang kilometer 7 ini memiliki bentuk yang tidak biasa dan sangat mencolok jika dibandingkan dengan rumah warga sekitar. Kantor UPT Diklathut KHDTK Gunung Bromo ini menggunakan kontainer sebagai kantor. Kantor berbentuk kontainer ini diresmikan pada 18 Oktober 2019 oleh Wakil Rektor UNS Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. yang dihadiri oleh tokoh pemerintahan dan tokoh masyarakat.

       Kontainer atau disebut dengan peti kemas merupakan bahan dasar yang digunakan sebagai konstruksi utama dan bersifat semi permanen. Menurut situs 99.co, bangunan dengan konstruksi kontainer sewaktu-waktu dapat dipindah tempat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kontainer bebentuk balok dengan ukuran panjang 12,5 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 2,5 meter dipilih menjadi ruang kantor utama. Menurut situs Rumah.com, kelebihan dari penggunaan kontainer sebagai bangunan adalah cepat dalam pembangunan karena paling lama hanya 1 bulan, ringkas karena konstruksi sudah terbentuk, fleksibel karena dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna, tahan bencana karena terbuat dari material logam yang kokoh, serta ramah lingkungan. Sesuai dengan kondisi kantor yang berlokasi di pinggir hutan, pemilihan kontainer sebagai kantor adalah langkah yang tepat. Material dan struktur bangunan dari logam menciptakan kondisi yang tahan terhadap perubahan kondisi lingkungan, kelembaban, api, dan jamur. Selain itu, pemilihan kontainer sebagai kantor tersebut merupakan sebuah kontribusi nyata dalam bidang konservasi. Hal tersebut dikarenakan saat pembangunan kantor UPT Diklathut KHDTK Gunung Bromo UNS tidak menggunakan material bahan bangunan seperti rumah konvensional pada umumnya dan mendaur ulang barang tidak terpakai menjadi memiliki nilai. Material bahan bangunan konvensional selalu menimbulkan banyak sisa dan sampah material yang tidak ramah lingkungan.

          Di dalam kontainer dengan volume ruang 60 m3 yang berfungsi sebagai main office UPT Diklathut UNS tersebut terdapat beberapa ruang dan fasilitas untuk menunjang kinerja dan keberjalanan UPT. Terdapat ruang rapat yang dilengkapi dengan meja panjang dan kursi kantor, serta monitor yang dapat diakses secara wireless. Terdapat juga ruang kerja dengan fasilitas komputer All in One dan jaringan wifi di sekitar kantor. Untuk menghindari suhu ruang yang tinggi dan menjaga tingkat kelembaban, kantor berbentuk kontainer ini dilengkapi dengan 2 unit Air Conditioner (AC) dan exhaust fan untuk sirkulasi udara. Karena lokasi kantor yang berada di pinggir hutan, setiap pintu dan jendela di kantor ini dilengkapi dengan wiremesh untuk mencegah serangga memasuki ruangan. Dalam segi keamanan, kantor UPT Diklathut UNS dilengkapi dengan 6 unit CCTV yang selalu dipantau oleh satuan pengamanan.

Strategi Konservasi, Kantor UPT Diklathut di KHDTK Gunung Bromo UNS terbuat dari Kontainer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *