Kegiatan penanaman bibit tanaman di KHDTK Gunung Bromo pada hari Sabtu (6/3/2021) dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis UNS ke-45. Target dari kegiatan penanaman bibit tersebut adalah untuk menambah koleksi tumbuhan di area KHDTK Gunung Bromo, mendistribusikan kepada masyarakat sekitar untuk menunjang perekonomian, dan menjalin relasi antara UNS, warga, dan pemerintah.

       Sebanyak 2000 bibit tanaman telah diterima oleh pihak KHDTK Gunung Bromo dari berbagai instansi yaitu Perhutani, BPDASHL Surakarta, Ustadz Yusuf Mansur, dan UPT Pusdiklathut dan Pusdemtanas UNS. Bibit tersebut ditanam dalam beberapa demplot yaitu demplot eukaliptus, demplot jahe merah, demplot tanaman kayu, dan demplot tanaman buah. Selain itu, ratusan bibit tumbuhan buah dan kayu juga didistribusikan kepada warga sekitar KHDTK Gunung Bromo. 1000 bibit jahe merah dan 50 bibit durian bawor dari Ustadz Yusuf Mansur diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar dan UNS sebagai pihak pengelola Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus Gunung Bromo ini.

Kegiatan diawali dengan melakukan penanaman jahe merah di demplot jahe merah pada pukul 10.00 WIB. Rombongan tamu undangan berjalan serentak sambil bercengkrama dan menikmati keasrian KHDTK Gunung Bromo. Setelah berjalan kurang lebih 200 meter, rombongan tiba di demplot jahe merah dan melaksanakan kegiatan penanaman pertama yaitu bibit jahe merah.

Secara simbolik, Rektor Universitas Sebelas Maret, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. menanam bibit jahe pada lokasi yang telah disediakan dengan didampingi oleh kepala UPT Pusdiklathut KHDTK Gunung Bromo, Dwi Priyo Ariyanto, S.P., M.Sc., Ph.D. Dibersamai dengan penanaman secara simbolik oleh Kapolda Jawa Tengah, Ustadz Yusuf Mansur, Bupati Karanganyar, dan Kapolres Karanganyar, kegiatan penanaman bibit jahe merah dan durian bawor berjalan dengan lancar. Dengan dilaksanakannya agenda penanaman ini, Prof. Dr. Jamal berharap tumbuhnya sinergi antara Universitas Sebelas Maret, warga masyarakat sekitar, dan jajaran pemerintah yang turut merawat KHDTK Gunung Bromo.

Sekitar pukul 10.45 WIB, rombongan menuju lokasi penanaman kedua yaitu demplot eukaliptus yang berjarak sekitar 2 Km dari lokasi demplot jahe merah. Rombongan menuju lokasi penanaman dengan 20 armada off-road milik komunitas off-road Karanganyar dan Indonesian Off-road Federation (IOF). Dalam perjalanan ini, Bupati Karanganyar Drs. Juliyatmono mengendarai salah satu jeep bergaya America dengan ditemani oleh Rektor Universitas Sebelas Maret, Kapolda Jawa Tengah, dan Ustadz Yusuf Mansur. Konvoi rombongan armada off-road dipimpin oleh mobil yang mengangkut rekan media, selanjutnya diikuti oleh armada yang dikendarai oleh Bupati Karanganyar dan diikuti oleh armada tamu undangan menuju ke demplot eukaliptus.

Setibanya di lokasi, kegiatan penanaman dilanjutkan dengan menanam bibit eukaliptus secara simbolik bersama dengan warga sekitar KHDTK Gunung Bromo. Eukaliptus adalah pohon penghasil minyat atsiri. Pohon ini dikenal luas dengan pohon penghasil minyak kayu putih. Dalam kegiatan ini, 200 bibit eukaliptus pemberian dari Perhutani ditanam secara simbolik. Setelah kegiatan penanaman selesai, rombongan kembali menuju armada dan melanjutkan perjalanan menjajal geotrek jalur off-road menjelajahi KHDTK Gunung Bromo. Kegiatan berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Kegiatan Penanaman 2000 Bibit Pohon di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus Gunung Bromo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *