Penyuluhan “Sosisalisasi Hutan untuk Kehidupan” di Kelurahan Gedong, Kabupaten Karanganyar

UPT Pusdiklat Kehutanan telah melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Kelurahan Gedong, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dalam upaya pengenalan pengelolaan Kawasan KHDTK Gunung Bromo UNS. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Gedong, Kabupaten Karanganyar pada hari Selasa, 12 Februari 2019, pukul 10.00 – 12.00 WIB. Pengabdian ini berupa penyuluhan bertemakan “Sosialisasi Hutan untuk Kehidupan” yang terbagi dalam tiga materi, yaitu: a) Mitigasi Bencana Kehutanan; b) Potensi Hutan sebagai Wisata Alam; dan c) Pengelolaan Hutan secara Agroforestri. Peserta kegiatan adalah Ketua Rukun Tangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Lingkungan Kelurahan Gedong, Kecamataan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Acara pengabdian masyarakat diawali dengan sambutan oleh Kepala Kelurahan Gedong dan Kepala UPT Pusdiklat Kehutanan UNS, dilanjutkan pengisian materi. Materi pertama yaitu Mitigasi Bencana dipresentasikan oleh Dwi Priyo Ariyanto, S.P., M.Sc., Ph.D., Dr. Ike Nurjuita Nayasilana, S.Si., M.Si., Rissa Rahmadwiati, S.Hut., M.Si., dan Yus Andhini Bhekti P, S.Hut., M.Sc., Ph.D. Materi tersebut menjelaskan berbagai tipe bencana yang terjadi dalam hutan dan penanganan sebelum dan setelah terjadi bencana.

Selanjutnya materi kedua dipresentasikan oleh Retno Tanding Suryandari, S.E., M.E., Ph.D., Dwi Apriyanto, S.Hut., M.Si., Galuh Masyithoh, S.Hut., M.Si., dan Ana Agustina, S.Hut., M.Si., dengan berjudul Potensi Pengembangan Wisata Alam di Kawasan Hutan. Materi menjelaskan mengenai jenis ekowisata dan manfaat yang akan diterima oleh masyarakat dan pengunjung wisata.

Materi terakhir tedapat dua judul yaitu “Mengenal Agroforestri Lebih Dekat” dan “Pengelolaan Hutan dengan Agroforestri berbasis Umbi Porang dan Gembili” yang dipresentasikan oleh Dr. Ir. Amalia Tetrani Sakya, M.P., M.Phil., Malihatun Nufus, S.Hut., M.Sc., dan Rezky Lasekti Wicaksono, S.Hut., M.Sc. Materi tersebut menjelaskan mengenai prinsip agroforestri, pembagian sistem dan pola kombinasi agroforestri, serta potensi budidaya umbi porang dan gembili di Kawasan hutan.

 

Penyuluhan “Sosisalisasi Hutan untuk Kehidupan” di Kelurahan Gedong, Kabupaten Karanganyar
Tagged on:                             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *