Sosisalisasi Hutan untuk Kehidupan di Kelurahan Delingan, Kabupaten Karanganyar

UPT Pusdiklat Kehutanan bersama Mahasiswa KKN UNS telah melaksanakan salah satu Tri Dharma yaitu Pengabdian kepada Masyarakat di Kelurahan Delingan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan upaya pengenalan pengelolaan Kawasan KHDTK Gunung Bromo UNS. Pengabdian ini berupa penyuluhan mengenai “Sosialisasi Hutan untuk Kehidupan” yang terbagi dalam tiga materi, yaitu a) Mitigasi Bencana Kehutanan; b) Potensi Hutan sebagai Wisata Alam; dan c) Pengelolaan Hutan secara Agroforestri. Penyuluhan ini dilakukan di Kantor Kelurahan Delingan, Karanganyar pada hari Rabu 6 Februari 2019, pukul 10.00 – 12.00 WIB. Peserta kegiatan adalah warga yang bergabung dalam LMDH di lingkungan Kawasan KHDTK Gunung Bromo, Delingan, Karanganyar.

Acara pengabdian masyarakat diawali dengan prakata oleh koordinator KKN UNS Desa Delingan, sambutan oleh Kepala Kelurahan Delingan dan Kepala UPT Pusdiklat Kehutanan UNS, dilanjutkan pengisian materi. Materi pertama yaitu Mitigasi Bencana dipresentasikan oleh Dwi Priyo Ariyanto, S.P., M.Sc., Ph.D., Dr. Ike Nurjuita Nayasilana, S.Si., M.Si., Rissa Rahmadwiati, S.Hut., M.Si., dan Yus Andhini Bhekti P, S.Hut., M.Sc., Ph.D. Materi tersebut menjelaskan berbagai tipe bencana yang terjadi dalam hutan dan penanganan sebelum dan setelah terjadi bencana.

Selanjutnya materi kedua dipresentasikan oleh Retno Tanding Suryandari, S.E., M.E., Ph.D., Dwi Apriyanto, S.Hut., M.Si., Galuh Masyithoh, S.Hut., M.Si., dan Ana Agustina, S.Hut., M.Si., dengan berjudul Potensi Pengembangan Wisata Alam di Kawasan Hutan. Materi menjelaskan mengenai jenis ekowisata dan manfaat yang akan diterima oleh masyarakat dan pengunjung wisata.

Materi terakhir berjudul Pengelolaan Hutan dengan Agroforestri berbasis Umbi Porang dan Gembili yang dipresentasikan oleh Dr. Ir. Amalia Tetrani Sakya, M.P., M.Phil., Malihatun Nufus, S.Hut., M.Sc., dan Rezky Lasekti Wicaksono, S.Hut., M.Sc. Materi tersebut menjelaskan mengenai potensi budidaya umbi porang dan gembili di Kawasan hutan.

Sosisalisasi Hutan untuk Kehidupan di Kelurahan Delingan, Kabupaten Karanganyar
Tagged on:                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *